Website Terkena Retas, Apakah Kesalahan Hacker ?

Tanpa kita sadari, Seorang hacker adalah salah satu bagian terpenting dari sistem security. ya karena kita tidak akan tau sistem kita lemah jika tidak ada yang mencoba untuk melakukan penetrasi terhadap sistem tersebut. Lalu apakah salah sang peretas/hacker ?

Saya akan cerita sedikit pengalaman saya baru2 ini.

Beberapa hari yang lalu, saya melaunching sebuah produk di sebuah forum international setelah sebelumnya saya sukses melaunching produk ini di pasar lokal.. tapi naas baru 2 hari produk tersebut di release, sudah ada yang berhasil me retas sistem license saya, padahal saya sudah yakin bahwa sistem license yang saya gunakan masihlah yang terbaik apalagi dengan dana yang lumayan besar untuk membeli sistem license ini dan bahkan di indonesia saya belum menemukan orang2 yang bisa me retas sistem license saya…

Awalnya saya sempat shock ketika mengetahui hal tersebut, tapi apa mau di kata nasib sudah menjadi bubur, ini juga kesalahan saya yang terlalu percaya dengan sistem security yang saya beli tanpa mencoba mencari kelemahannya, sayapun tidak serta merta memaki sang cracker tetapi saya mencoba mendekati sang cracker dengan melakukan chat dengan dia.. dan akhirnya apa yang saya dapatkan ? saya di beritau oleh dia kelemahan sistem yang saya buat dan akhirnya saya mendapatkan angin segar untuk memperbaiki sistem security yang saya buat.

Inti yang bisa kita ambil adalah bahwa kita tidak bisa melihat sesuatu dari sisi negatifnya saya (diretas dan rugi) tetapi kita juga harus mengambil sisi positifnya yaitu dengan mendekatkan diri kepada hacker2 tersebut, kita akan mendapatkan kelemahan kita dan bahkan membuat mereka menjadi sungkan untuk melakukannya kembali. Jangan pernah melihat sesuatu dari seberapa besar dana yang kita keluarkan menjadikan kita percaya dengan kekuatan sistem tersebut, karena tidak ada sistem yang sempurna.

Bahkan situs sebesar facebook dan google pun masih membutuhkan hacker untuk mengetes security mereka (sampai membuat lomba) padahal programmer2 mereka adalah programmer yang sudah terjamin kemampuannya tetapi mengapa mereka masih membutuhkan hacker ? ya jawabannya simple saja, yaitu untuk membuat security mereka semakin kuat.

Jika sudah seperti itu, apakah hacker bersalah jika website terkena retas ? tidak 100% keslahan hacker, menurut saya 75% adalah kesalahan pembuat sistem yang membiarkan sistem kita lemah dari serangan.

Mari kita sama2 berkaca diri apakah sesuatu yang kita buat sudah benar, Ambil yang terjadi dari sisi positif dan negatif karena dengan seperti itu, semua akan berjalan dengan sinergi.

Artikel ini saya dedikasikan untuk WILDAN, seorang penjaga warnet yang di tangkap oleh polisi karena meretas situs dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono #OpFreeWildan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>